SHARE :
TAGS :
Ingin Mulai Membuat Vlog, Ini 9 Alat yang Perlu Kamu Punya

Retno Wulandari

06 March 2017


INGIN MULAI MEMBUAT VLOG, INI 9 ALAT YANG PERLU KAMU PUNYA


Kamu kepingin punya blog tapi nggak terlalu suka menulis? Mungkin kamu bisa coba membuat vlog, yakni versi video dari blog. Jadi alih-alih menulisnya, kamu bisa merekam video untuk mengabadikan kejadian di sekitarmu, menceritakan pengalaman kamu, membuat DIY, atau apapun yang kamu suka untuk dilakukan di sela-sela kesibukan kuliah.

Selain bisa membantumu mengekspresikan diri, vlog juga bisa memberimu banyak keuntungan. Saat ini sudah ada banyak vlogger sukses yang telah mampu mendapatkan penghasilan dari aktivitas vlogging mereka.

Lalu apa saja peralatan yang diperlukan untuk mulai nge-vlog? Tentu beda dengan blog ya. Berikut ini perlengkapannya.

1) Kamera

Untuk membuat video, tentu saja kamu membutuhkan kamera. Tak perlu kamera canggih seperti DSLR, kamera apapun yang kualitas videonya HD bisa jadi alat untuk membuat vlog yang bagus. Bisa pakai kamera saku, kamera ponsel, ataupun action camera, silakan saja. Setiap kamera juga punya kelebihan dan kekurangan. DSLR mungkin bisa menghasilkan gambar paling keren, tapi fisiknya besar dan berat, sulit dibawa kemana-mana.

2) Tripod, monopod, atau gorillapod

Alat yang satu ini penting, untuk membantumu merekam video dengan stabil. Apalagi kalau kamu mau merekam diri sendiri dalam DIY, misalnya, penting sekali nih. Kalau ketika membuat vlog mobilitasmu tinggi, bisa menggunakan monopod atau gorillapod yang lebih ringkas untuk dibawa-bawa.

3) Lampu untuk pencahayaan

Tak perlu lighting super canggih ala fotografer profesional koq, yang penting kamu bisa tetap menghasilkan video berkualitas bagus saat malam hari atau saat berada di tempat yang minim pencahayaan. Kamu bisa menggunakan compact lighting seperti lampu LED portable ketika merekam video untuk vlog.

4) Mikrofon

Selain kualitas gambar, dalam membuat vlog juga harus memperhatikan kualitas suaranya. Nggak mau kan pentonton vlogmu nantinya nggak paham isi vlog hanya karena suaranya nggak terdengar dengan jelas? Tak perlu beli mikrofon yang mahal, yang penting bisa menghasilkan suara yang jelas.

5) Kartu memori untuk ponsel atau kamera

Ketika berniat untuk membuat vlog secara rutin, kamu juga perlu menyiapkan kartu memori (memory card) berkapasitas besar. Kapasitas penyimpanan 8GB mungkin tak akan cukup, sehingga kamu perlu menyiapkan setidaknya memory card berkapasitas 32GB.

6) Stabilizer kamera

Jika kamu suka membuat vlog di luar ruangan, mungkin kamu perlu stabilizer ini. Alat ini membuat pengambilan video stabil dan tak goyang, sehingga hasilnya bagus dan terlihat pro. Vlog akan lebih nyaman ditonton.

7) Komputer atau laptop

Untuk memindahkan video dan mengolahnya, otomatis kamu butuh komputer atau laptop. Jika kamu rutin bekerja dengan video, kemungkinan perlu laptop berspesifikasi cukup lumayan, seperti laptop yang menggunakan prosesor quad-core dan RAM 4GB. Dengan demikian, kamu akan nyaman ketika mengolah dan mengedit video tanpa nge-lack.

8) Software untuk mengedit gambar dan video

Supaya vlog-mu kelihatan ciamik dan profesional, kamu perlu melakukan pengeditan terhadap gambar-gambar yang tak diperlukan, menambah musik, atau mungkin efek khusus. Hal ini juga penting karena kamu bisa membuat ukuran video sekecil mungkin, sehingga tidak makan tempat dan bandwidth ketika diunggah ke YouTube, misalnya.

Untuk pemula, bisa mencoba software video editing Corel VideoStudio Pro. Untuk menambah efek, bisa menggunakan Adobe After Effect. Untuk mengedit gambar, bisa menggunakan Adobe Photoshop atau Corel Draw.

9) Musik, efek suara, template efek video

Untuk membuat vlog-mu semakin keren, kamu mungkin perlu menambah efek suara, musik, atau efek video. Untuk mendapatkan efek suara dan musk yang bebas lisensi, bisa unduh gratis di YouTube Music Library. Untuk template efek video, bisa cari di mesin pencari Internet.

TAGS :
SHARE : LINE

comments
no comment

LAINNYA