Ragam Kegiatan KKN Mahasiswa UPNVY

toni.itb

13 July 2018


RAGAM KEGIATAN KKN MAHASISWA UPNVY


Kegiatan KKN biasanya jadi kenangan indah yang tak terlupakan. Tinggal selama sebulan di desa dan meninggalkan rutinitas padat di perkotaan, hitung-hitung bisa jadi kegiatan liburan. Belum lagi segala drama di kelompok, mulai dari konflik, hingga cinta lokasi. Selain kenangan bagi mahasiswa, ternyata kedatangan mahasiswa KKN juga jadi kenangan tersendiri bagi warga desa. Beberapa program yang dibuat, mampu membantu desa untuk lebih maju. Pembuatan program juga tak bisa dibuat sembarangan. “Program KKN diusung dari hasil survey terlebih dahulu. Mencari permasalahan di daerah tersebut kemudian kita bantu solusinya,” ujar Tio Patria, jurusan Manajemen.

Yuk intip beberapa program KKN favorit mahasiswa UPN :


Plangisasi

Plangisasi adalah kegiatan pemasangan plang atau petunjuk arah. Plang biasanya dibutuhkan untuk menunjukkan arah fasilitas umum seperti balai desa, masjid, rumah ketua RT, dll. Keberadaan plang dibutuhkan di suatu desa yang sedang membangun. Petunjuk ini penting terutama ketika kedatangan tamu atau musim liburan seperti lebaran dan akhir tahun. Peran mahasiswa mulai dari memilih jenis plang yang sesuai, atau membuat sendiri, hingga memasangnya bersama-sama. Pemilihan lokasi yang tepat juga penting, agar plang dapat berfungsi maksimal.


Sosialisasi

Sebagaimana tujuan KKN adalah mengamalkan ilmu selama di bangku kuliah, maka KKN adalah kesempatan emas untuk membagikan ilmu kita. Sosialisasi yang umum dilakukan biasanya penggunaan sosial media untuk mendukung kegiatan ekonomi, sosialisasi cuci tangan bersih, sikat gigi, pengolahan limbah, hingga mengajar anak-anak.  Jenis sosialisasi yang akan dilakukan tentu tergantung kemampuan mahasiswa dan kebutuhan desa.

 


Branding wisata

Yogyakarta sebagai kota wisata, didukung dengan pertumbuhan trend desa wisata, dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk memajukan desa. Salah satunya melalui branding wisata. Hal ini cocok dilakukan di desa yang berada di lokasi strategis atau dekat tempat wisata terkenal. “Kami membranding desa, yang kebetulan letaknya di daerah Prambanan dan dekat restoran Abhayagiri yang terkenal. Kami membuatkan sosial media dan mengajarkan mereka untuk mengelola,” ujar Indria Kusuma, mahasiswa Agribisnis, saat bercerita pengalaman KKN nya di desa Sumberwatu, Prambanan. Hasil branding wisata UPN yang terkenal lainnya adalah Taman Tebing Breksi yang berhasil di branding mahasiswa UPN saat daerah itu masih merupakan area pertambangan.


comments
no comment

LAINNYA